Akses modem di belakang mikrotik melalui internet

Iseng aja sebenere.. coz nggak tahu juga buat apa aku ngremote modemku sendiri. 😀 Tapi siapa tahu nantinya berguna. He.. 😀

Selama ini, aku slalu nggak bisa akses modemku diluar jaringan. Tiap aku tulis alamat IP Address di browser, yang keluar halaman konfigurasi modem, tapi malah webbox mikrotikku seperti ini:

Rules Virtual Server pada NAT di modem aku buat 1 rules dengan tujuan biar mikrotik dapet aku akses diluar jaringan (seperti screnshoot di atas), yaitu:

Otomatis, tiap aku ketikkan alamat IP di browser, aku selalu dibawa ke menu login webbox mikrotik. Nah, sekarang gimana caranya biar bisa masuk ke menu modem sekaligus juga tetep bisa mengakses menu login webbox mikrotik..??

Sederhana saja. Cukup buatkan NAT pada firewall di mikrotik sebagai berikut:

chain=dstnat protocol=tcp  dst-port=8080 action=dst-nat to-addresses=192.168.1.1 to-ports=80

Dimana IP default konfigurasi modem adalah 192.168.1.1 dan port default web/http adalah 80. Sedangkan port 8080 adalah port alternatif dari web/http.

Sekarang tinggal dicoba aja remote kedua-duanya (webbox mikrotik & modem) di luar jaringan. Kalau settingannya bener, maka akan tampak seperti ini:

Rebesss… ^_^

Tinggalkan Balasan

