Ngelimit speed download IDM

Berawal dari ketidak sengajaan saat ngoprek setting modem (ubah mode pppoe ke bridge buat dial-up mikrotik), dimana alokasi bandwidth dari speedy tersharing dengan sendirinya. Saat itu aku coba download dari beberapa server lokal dan mendapati kecepatan transfer rateku separo dari alokasi bandwidth yang aku miliki yakni 1mb. Biasanya, transfer rate yang aku dapati saat download di server2 lokal adalah :

Dan saat proses download tidak bisa melakukan aktivitas browsing. Sebab semua bandwidth yang teralokasikan disedot habis oleh si IDM. Namun setelah insiden ketidaksengajaan saat ngoprek modem, transfer rate yang aku dapatkan jadi sekian:

Dimana aktivitas browsing maupun chatting tidak ada kendala walaupun proses download sedang berlangsung.

Aku pikir, saat itu mungkin karena mikrotikku yang melakukan share bandwidth secara otomatis. Tapi seingatku aku nggak pernah melakukan limit bandwidth via mikrotik. Dan emang betul, setelah aku cek via winbox, sama sekali tidak ada sedikitpun settingan ngelimit bandwidth baik di mangle firewall maupun queue.

Sempet curiga juga pada settingan IDM. Jangan2 IDMku rewel. Ternyata kecurigaanku salah. IDMku normal2 aja setelah aku liat pada option connection seperti screenshot di bawah ini:

Atau mungkin juga server lokal lagi down. Seperti kebiasaan indowebster yang hobi maintenance server. 😀

Namun dugaanku kali ini juga keliru. Aku coba download dari server2 lokal lain juga demikian. Transfer rate yang aku dapatkan tetep separo dari alokasi bandwith yang aku peroleh.

Berhubung penasaran, akhirnya aku coba setting modem ulang lagi. Siapa tahu keanehan yang sama memang bener2 berasal dari settingan modem yang aku rubah. Setelah selesai dan aku coba download, ternyata malah sebaliknya. Transfer rate yang aku dapati justru menjadi full. Aku tidak bisa browsing lagi saat proses download berlangsung. Kok bisa yaa..?? 😀

Penasaran masih bergelayut dibenakku. Aku coba reset modem dan setting ulang lagi. Siapa tahu alokasi bandwidthku kesharing kembali. Hehehee..

Yeeachh.. ternyata nggak bisa. Bandwidthku sama sekali nggak tersharing dan aku tetep mendapati transfer rate full saat proses download kujalankan. Hmm..

Mo gimana lagi, kayaknya hampir mentok. 😛

Akhirnya aku akali aja. Aku limit aja via IDM langsung. Agar saat proses download berlangsung, aku juga tetep bisa browsing maupun chatting. Begitu pula pengguna yang lain (ebes). 😀

Tentang cara bagaimana ngelimit bandwidth via IDM adalah sebagai berikut:

1. Buka IDM

2. Klik tab Downloads pada menu bar IDM seperti gambar ini dan pilih speed limiter:

3. Setelah itu pilih settings:

4. Isi pada kolom maximum download speed  for one file dengan nilai yang dikehendaki. Disini aku memberi nilai 52 KBps sesuai kebutuhanku.

5. Centang pada bagian allways turn on speed limiter on IDM startup. Tujuannya adalah, agar setiap PC/Laptop dinyalakan, otomatis IDM akan melakukan limit bandwidth sesuai settingan yang telah dibuat.

6. Klik OK dan restart IDM.

Setelah step by step tersebut dilakukan, silahkan temen2 coba download dari server mana aja terserah dan lihat pada transfer rate IDM apakah berhasil kelimit atau nggak. Apabila berhasil terlimit, silahkan tes sekali lagi dengan melakukan browsing maupun chatting. Jika aktivitas browsing-chatting tidak terganggu dengan proses download, maka selesailah tips kali ini.

Selamat mencoba.. ^_^

Asololeee..

NB:

Soal share alokasi bandwidth yang aku alami masih belum terpecahkan. Kali aja ada yang bisa bantu. Coz masih penasaran banget nih.. 🙂

3 responses to “Ngelimit speed download IDM

Tinggalkan Balasan

